Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Membuat objek dapat digeser menggunakan aplikasi Sketchware

Membuat objek dapat digeser menggunakan aplikasi Sketchware

Oke karena kali ini saya masih dalam proses pembuatan aplikasi untuk blog saya ini jadi sekalian saja saya mau kasih sedikit tutorial yang sebenarnya receh banget tapi saya yakin banyak dari kalian yang akan membutuhkan fitur ini untuk di terapkan pada projek aplikasi kalian.

Jadi langsung saja ke pembahasannya, dan kita akan bahas tentang cara membuat objek yang dapat digerakkan atau dipindahkan dengan sentuhan jari apapun itu mau textview imageview atau yang lainnya.

Untuk gambaran bisa kamu lihat pada gambat thumbnail di atas, kurang lebih seperti itulah fitur yang akan saya bagikan kali ini, atau utuk lebih jelasnya kamu bisa lihat video tutorial yang saya buat di YouTube channel saya.

Dan seperti biasa untuk nama dari fitur ini saya kurang paham yang saya tahu ini disebut Drawable Object (Koreksi ini Jika saya Salah biar yang lain gak tersesat).

Untuk membuat ini beker sebenarnya cukup mudah tinggang pangang saja sebuah Skrip dan widget pun dapat digeser atau dipindahkan sesuai keinginan.

Skrip


Untuk caranya sendiri cukup mudah yaitu tinggal menempelkan skrip diatas pada onCreate dan jangan lupa untuk mengganti semua cardview1 dengan widget yang ingin digunakan misalnya imageview atau textview. Disini harus teliti karena cardview1 bukan hanya satu jadi ubah semuanya seperti pada contoh gambar berikut.
Ubah Semua

Download Projek

Kamu juga dapat mencoba projek swb nya yang sudah saya buat untuk kamu gunakan sebagai sample,, selamat mencoba.

DOWNLOAD PROJECTS

Update: Selain menggunakan skrip di atas, kamu juga bisa menggunakan custom block yang saya buat ini. Kelebihan menggunakan blok puzzle ialah lebih simpel jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk mengubah kode objek yang ada di skrip, kamu cukup tempel blok ini kemudian pilik objek yang akan digunakan dan selesai.

DOWNLOAD BLOCK
Ndi Uke
Ndi Uke Request dari kalian akan sangat membatu saya membuat artikel selanjutnya.

1 comment for "Membuat objek dapat digeser menggunakan aplikasi Sketchware "