Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Membuat Status Bar Transparan di aplikasi Sketchware

Membuat Status Bar Transparan di aplikasi Sketchware

Ok teman-teman pada tutorial sebelumnya saya telah membahas tentang cara Menambahkan Drawer Tanpa Actionbar atau ToolsBar Di Sketchware, dan kali ini masih seputaran ToolBar yaitu StatusBar yang mana StatusBar ini sangat umum kita temui pada semua aplikasi karena StatusBar ini adalah bagian dari sebuah ponsel yang menampilkan berbagai notifikasi dari aplikasi yang terkandung dalam perangkat ponsel itu sendiri.

StatusBar terkadang sangat menggangu pada beberapa tampilan contohnya pada saat bermain game, menonton video pada mode layar penuh dan aktivitas lainnya yang memerlukan tampilan yang lebih luas. selain itu juga status bar kadang terlihat tidak matching dengan tampilan yang ada namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya statusbar sangat penting untuk ditampilkan dalam beberapa kasus, maka dari itu sejak android 6+ tampilan statusbar lebih diperhatikan dalam penggunaannya mulai dari statusbar yang dapat dibuat transparan dan statusbar yang dapat sembunyikan maupun ditampilkan dengan cara di swipe.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara sederhana membuat statusbar transparan agar aplikasi kamu jadi lebih elegan dan keren. Jika biasanya kita menghilangkan StatusBar pada halaman splash screen itu wajar saja karena splash screen hanya akan ditampilkan sesaat saja, namun jika kita menerapkannya pada aktivitas utama atau halaman umum lainnya hal tersebut akan terlihat aneh apalagi jika warna statusbar tidak sesuai dengan tema warna aplikasi kita.

Contoh diatas menunjukkan perbedaan keselarasan tema aplikasi yang mana pada gambar kiri terlihat agak menggantung karena terganggu oleh tampilan StatusBar yang menampilkan warna lain, sedangkan pada gambar sebelah kanan tampilannya selaras dengan tema yang diterapkan. Dan untuk membuat StatusBar transparan seperti diatas tentunya sangat mudah, yang kamu perlukan hanya skrip sederhana seperti berikut.


Letakan skrip tersebut menggunakan blok ASD (Add Source Directly) di onCreate pada Aktivity yang akan di buat transparansi StatusBar nya, jika sudah silahkan save dan coba jalankan. Jika ingin menggunakan custom block,, kamu bisa coba custom blocks yang saya buat. silahkan download blocknya pada link dibawah ini.

DOWNLOAD BLOCKS
Terimakasih telah berkunjung dan selamat mencoba. Jangan sungkan mencoba tips dan trik lain seputar Sketchware atau konten lainnya diblog ini. Sampai ketemu lagi.

Ndi Uke
Ndi Uke Request dari kalian akan sangat membatu saya membuat artikel selanjutnya.

Post a Comment for "Membuat Status Bar Transparan di aplikasi Sketchware"