Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Membuat Undo Redo Edittext Sketchware lebih mudah dengan custom Block

Membuat Undo Redo Edittext Sketchware lebih mudah dengan custom Block

Hi teman-teman semua pada kesempatan kali ini saya mau kembali berbagi tips maupun trik tentang aplikasi Sketchware yang bisa kamu praktekkan pada projek aplikasi yang sedang kamu buat. Tutorial kali ini berkaitan dengan edittext yang mana widget ini sering kali kita temukan dalam berbagai aplikasi sebagai input teks apapun kegunaan atau fungsi dari edittext itu sendiri.

Ok tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita ke tutorialnya. Disini saya membuat tata letak contoh sederhana agar mudah untuk dipahami oleh kalian. Untuk itu buatlah tata letak layout seperti pada gambar dibawah, tidak perlu sama persis yang penting kamu paham cara kerjanya.

Undo Redo Edittext
Objek utama diatas yang akan kita eksekusi ialah EditText dan dua buah ImageView yang difungsikan sebagai tombol Undo dan Redo. Jika sudah silahkan pergi ke onCreate karena kita akan membuat kedua tombolnya bekerja untuk itu silahkan kalian download terlebih dahulu untuk custom block nya pada tombol download dibawah ini.

DOWNLOAD BLOCKS
UNDO REDO BLOCK

Setelah block berhasil di download silahkan ekspor blok tersebut kemudian tambahkan kedua blok tersebut pada onCreate dan jangan lupa isi juga kolom options nya sesuai dengan widget yang kita pasang pada layout, kurang lebihnya seperti gambar berikut.

Undo Redo Edittext
Sebagai catatan jika kamu menambahkan banyak blok pada onCreate, Pastikan kamu simpan block Class pada Undo Redo dibagian paling bawah blok lainnya dan jangan tempatkan blok lain dibawah block class tersebut karena akan terjadi error saat menjalankan aplikasinya.

Baiklah saya kira cukup tutorial kita kali ini tentang membuat tombol Undo Redo Edittext Sketchware ini, jika terjadi error silahkan periksa kembali tutorial diatas dengan teliti dan jika ada yang kurang di mengerti silahkan tanyakan di kolom komentar tersedia. selanjutnya untuk tutorial lainnya silahkan jelajahi blog ini atau klik di pencarian tentang apa yang kamu butuhkan.

Ok selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih.

Ndi Uke
Ndi Uke Request dari kalian akan sangat membatu saya membuat artikel selanjutnya.

Post a Comment for "Membuat Undo Redo Edittext Sketchware lebih mudah dengan custom Block "